Kimia Laundry Satuan

Kimia Laundry Satuan

Kimia laundry satuan secara keseluruhan hampir sama dengan Laundry Kiloan, karena dapat dikatakan bahwa Laundry Kiloan merupakan “turunan” dari Laundry satuan, dahulu Laundry Satuan dikenal dengan istilah Binatu/Penatu.

Hanya beberapa hal yang patut ditekankan dari Kimia Laundry Satuan adalah Kimia Khusus Pembersih Noda:

– Penghilang Noda Darah

– Penghilang Noda Tinta

– Penghilang Noda Karat

– Penghilang Noda Minyak,dll

Karena proses pencucian di Laundry satuan lebih mendetail dibanding Laundry Kiloan, maka Tools/Alat yang digunakan juga harus mendukung, seperti Meja Spotting dan Spotting Gun.

Proses Noda tidak dapat hilang pada serat kain bukan melulu selalu salah dengan kimianya, tetapi terkadang tools/alat yang kita gunakan kurang lengkap, Untuk itu pada Laundry Satuan memiliki “Spotting Gun” itu merupakam kewajiban.

Selain Kimia Pembersih Noda Khusus diatas, Laundry Satuan juga pada umumnya menggunakan proses pencucian Dry Cleaning, tentunya kimia Dry Cleaning sangat dibutuhkan untuk Laundry Satuan, karena tidak semua pakaian dapat dicuci menggunakan air (laundry). Kimia Dry Cleaning antara lain:

– PCE | Perchloroethylene : Solvent Chemicals khusus Dry Cleaning

– Spotter Chemicals Khusus Dry Cleaning: Spotting/Spotter Chemicals untuk Dry Cleaning disini seharusnya berbeda dengan cairan kimia untuk Laundry, Untuk Dry Clean Spotting cairan kimianya berbasis solvent, sehingga mudah mengering dan murni tanpa kandungan air. Karena untuk bahan pakaian tertentu dan yang mahal, jika terkena air akan rusak/kisut/menyusut, jika kita menggunakan spotting chemicals berbasis water/air

Untuk Laundry Satuan atau Dry Clean proses pencucian dan Care terhadap pakaian (fabric) lebih ditekankan, dibanding Laundry Kiloan, untuk itu pemilihan Kimia Laundry Satuan haruslah tidak boleh asal, atau murahan. Pilihlah Detergent, Softener, hingga Pewangi dan Parfum Laundry yang berkualitas tinggi.

Share

Leave a Comment