KLINIK LAUNDRY

KLINIK LAUNDRY

Tanya Jawab Seputar Dunia Laundry: Proses, Kimia Laundry,”Problem Solving”, Laundry Management, dll

Di halaman ini kami akan menuliskan kembali permasalahan dan tanya jawab yang diajukan oleh para pelanggan kami. Nama, Nama Laundry, dan Tempat akan kami edit/samarkan jika menurut admin diperlukan.

Bagi anda pelanggan Deterjen Indonesia yang ingin berkonsultasi mengenai usaha laundry, anda dapat mengirimkan email ke bagian technicals support kami: deterjenindonesia@yahoo.com dan harap email di cc/teruskan juga ke Reseller kami (tempat anda membeli).

PERTANYAAN: MENGGUNAKAN WARNA HITAM

Jawaban: memakai huruf kecil, italic dan berwarna merah

1. PERTANYAAN Bpk ANTON, MEDAN

BED COVER
KAMI KADANG-KADANG MASIH DIKOMPLAIN PELANGGAN BED COVERNYA BAU APEK. KAMI MENCUCI SEMUA BED COVER SELAIN DENGAN DETERJEN, JUGA MENCAMPUR 1 TUTUP BOTOL DISINFECTANT (SESUAI ADVIS IBU JULI,MEDAN). APAKAH JENIS KAIN BED COVER BEDA-BEDA, ADA YANG MEMANG BAU YA? KEMUDIAN SETELAH PROSES SPINNING, KAMI JEMUR DULU BED COVERNYA 1 HARI DI RUANGAN TERBUKA (TETAPI ADA TERTUTUP ATAP SENG YA, JADI BUKAN LGSG KENA SINAR MATAHARI). BESOKNYA BARU MASUK DRYER 30 MENIT DAN DIBALIK LAGI DAN DIMASUKKAN LG SELAMA 30 MENIT. HABIS ITU DIANGIN-ANGINKAN ATAU DIJEMUR DI RUANGAN TERTUTUP SELAMA 2 HARI. SEBELUM PACKING SEBENARNYA TIDAK ADA BAU APEK YA, SUDAH KERING BENAR. TAPI KADANG MUNGKING CUSTOMER MEMAKAINYA SETELAH 1 BULAN KEMUDIAN. MEREKA BUKA PACKING PLASTIK DAN KOMPLAIN BAU PARFUMNYA LAIN. BAUNYA TIDAK ENAK. MOHON PETUNJUKNYA SEBENARNYA CARA PROSES BED COVER YANG BENAR BAGAIMANA DAN APA ADA KIMIA YANG DIUSULKAN?
SAYA TIDAK MEMAKAI SOFTERNER UNTUK SPREI DAN BED COVER SAYA.

– Memang betul setiap kain apapun, termasuk bedcover memiliki kerapatan benang yg berbeda-beda. Masing-masing penanganannya juga berbeda, kain yg memiliki kerapatan benang semakin padat, lebih mahal harganya, dan “treatment”nyapun juga lebih sulit(mahal).
Mengenai bau apek pada bed cover ada beberapa kemungkinan:
1. Jika “semua” pelanggan complain terhadap hasil cucian bed cover di laundry anda, berarti cara anda dan chemicals anda yg salah.
2. Jika tidak, berarti memang jenis bed cover milik pelanggan yg complain bahan kainnya berbeda.
3. Perlu diketahui bed cover lebih tebal dibanding pakaian, untuk itu perlu penanganan yg lebih extra, otomatis dilaundry manapun harga jasa pencucian bed cover lebih mahal (extra) dibanding jenis cucian lain.
4. Proses anda sudah bagus dan bisa tetap anda lanjutkan pada jenis bed cover tertentu (pelanggan yg tidak complain)
5. Terhadap jenis bed cover tertentu (pelanggan yg complain) ada beberapa opsi kekurangan/masukan dari proses anda(extra proses):
– 5.A. Lakukan proses perendaman dengan “DISINFECTANT” dengan air panas/hangat selama 20 menit, lebih lama boleh. Agar bau apek dan kuman/bakteri penyebab bau mati.
– 5.B. Setelah melakukan proses pencucian seperti biasa, pastikan bilas dengan “SOUR” yg merupakan kimia netralisir.
– 5.C sebelum dijemur atau dikeringkan, rendam dengan “PEWANGI CELUP” selama 20 menit agar wangi menyerap merata. (Proses ini dapat menghemat pemakaian parfum) lalu diperas dan masuk ke proses pengeringan (tidak usah dibilas), dan sisa pewangi celup dapat digunakan kembali untuk cucian bed cover lainnya (irit).
– 5.D Untuk proses pengeringan, pastikan benar-benar kering, karena akan menimbulkan bau apek jika tidak kering. Diusahakan anda membalik prosesnya. Setelah spinning, masukan ke dalam dryer dan pastikan kering, jika belum yakin anda dapat menjemurnya ditempat terbuka seperti yg anda lakukan.
– 5.E Bila anda memakai parfum sebagai proses finishing, pastikan tidak dalam keadaan basah (karena parfum) lalu dipacking. Pastikan memakai parfum Deterjen Indonesia karena berbahan dasar solvent (solvent base), sehingga mudah mengering dan bebas bakteri, dibanding anda memakai parfum yg berbahan dasar campuran air, air tidak mudah menguap dan mengandung banyak bakteri.
– 5.F Jika ada kemungkinan pelanggan memakai bed cover setelah pencucian dalam waktu lama berbulan-bulan, silahkan anda sarankan untuk packing di lubangi (diberi hawa). Tetapi seharusnya jika proses extra dilakukan, point 5.F tidak perlu dilakukan.

Kesimpulannya: Pembilasan menggunakan Sour harus dilakukan, untuk mencegah bau apek (dari sisa-sisa deterjen) dan Konsentrasi pada Pengeringan Bed Cover.

SAYA INGIN MEMINTA MANUAL DRYCLEAN UNTUK JAKET KULIT, JAKET BULU, KEBAYA, JAS, BATIK, DLL
SAYA JUGA INGIN MEMINTA MANUAL UNTUK CUCI BONEKA, KARPET, SANDAL,DAN SEPATU

Manual Dry Clean anda dapat meminta langsung ke Ibu Juli, jika anda membeli kimia Dry Clean dari kami, jika ibu Juli tidak/belum memiliki, Ibu Juli bisa langsung meminta pada Marketing Reseller Pusat kami (Ibu Patrisia)

SAYA BARUSAN BELI BIBIT PARFUM MOLTO DENGAN ANDA SEBANYAK 10 LITER. SAYA BELI BIBIT KARENA SAYA MAU CAMPUR SENDIRI KARENA CUSTOMER SAYA MAUNYA YG HARUM BENER. ALASAN KEDUA KARENA SAYA SUDAH MENGGUNAKAN BAU MOLTO INI SEBAGAI PARFUM CIRI KHAS  LAUNDRY SAYA. SAYA PERNAH MEMAKAI BANYAK AROMA LAINNYA TAPI MEMANG BIBIT PARFUM DARI DETERJEN INDONESIA LEBIH BAGUS. SAYA PERNAH BELI PARFUM GRADE A DENGAN ANDA TAPI MASIH KURANG HARUM. UNTUK FIXATIVE SEBENARNYA SAYA TERPAKSA CARI SENDIRI KARENA PIHAK ANDA TIDAK MAU JUAL KE SAYA UNTUK FIXATIVE-NYA. SAYA TIDAK TAU APAKAH FIXATIVE YG SAYA PAKAI INI BENAR-BENAR BERFUNGSI KARENA MMG SAYA DAPATKAN DITOKO KIMIA LOKAL.  DENGAN MELIHAT HUBUNGAN DAGANG KITA SEJAUH INI, APAKAH BISA PIHAK DI BISA MEMPERTIMBANGKAN UNTUK MENJUAL FIXATIVENYA KEPADA SAYA?

– Fixative tidak dijual bebas, karena merupakan salah satu bahan dasar pembuat narkoba (shabu-shabu) pengedar harus memiliki ijin khusus. Dan kamipun memasarkannya dalam keadaan sudah terlarut (water base). Kebanyakan karena sulitnya mendapat bahan fixative yg benar dipasaran, orang kebanyakan (toko kimia eceran) menjual PG (Propylin Glycol) atau solvent base lainnya dan disebut “fixative” , yg sebenarnya fungsinya untuk melarutkan biang parfum, atau mengencerkan biang parfum sehingga jadi lebih banyak.

Untuk pembelian fixative bisa dikonsultasikan ke Ibu Patrisia lewat Ibu Juli.

TERIMA KASIH ATAS BALASANNYA.
MENGENAI BED COVER, SIALNYA KAMI TIDAK BISA MEMASTIKAN MANA BEDCOVER YANG BAKALAN BERBAU APEK ATAU TIDAK, JADI TERPAKSA AKAN KAMI TERAPKAN PADA SEMUA BED COVER YG MASUK.
NAMUN PEMAKAIAN DISINFECTANT LANGSUNG KAMI TUANG SEBANYAK 1 TUTUP BOTOL DIRIGEN (UNTUK 1 BED COVER) KE TEMPAT/KOTAK DETERGEN MESIN CUCI, TIDAK MEMAKAI AIR PANAS. KARENA MESIN CUCI KAMI YG TOP LOADING (BESAR) TIDAK ADA FASILITAS AIR PANASNYA. BAU DISINFECTANT TERGOLONG MENYENGAT, TETAPI SAAT PENJEMURAN BED COVER KAMI TIDAK MENCIUMI BAU DARI DISINFECTANT TERSEBUT LAGI. APAKAH LANGKAH INI DAPAT DIBENARKAN? APAKAH PERENDAMAN DENGAN AIR PANAS SANGAT MENENTUKAN DISINI?– Pemakaian air panas sebenarnya sangat menetukan pada proses laundry, karena laundry chemicals akan bekerja lebih efektif dibanding tidak menggunakan air panas, kebanyakan jika laundry tidak memiliki mesin yang memakai air panas, alternatifnya sebelum masuk mesin cuci, direndam air panas dahulu diember terpisah, lalu proses mencuci seperti biasa tanpa air panas.
– Fungsi disinfectant memang membunuh kuman dan bakteri, baunya menyengat tetapi setelah dibilas atau dijemur, bau itu akan hilang.
MENGENAI PERENDAMAN DENGAN PEWANGI CELUP, APAKAH HARUS DIPERAS SECARA MANUAL? KEMUDIAN BARU DI SPINNING? BARU KEMUDIAN DIJEMUR SEHARI DAN KEESOKKANNYA BARU DIMASUKKAN KE DRYER?
MEMANG PEWANGI CELUP LEBIH MERATA WANGINYA, TETAPI KAMI SANGAT CONCERN JANGAN MALAH PEWANGI CELUP TERSEBUT YANG LEBIH DAPAT MENIMBULKAN BAU APEK NANTINYA.–  Jika pewangi celup akan digunakan kembali, makan harus diperas secara manual, Menurut hemat saya proses pengeringannya terbalik, lebih baik masukan dahulu ke dalam dryer, baru kemudian dijemur.
Oh ya, kalau boleh tahu, Dryer jenis apa yang dipakai?

APA PERBEDAAN ANTARA CHLORINE (DISINI KITA MEMAKAI BAYCLIN CAIR) DENGAN OXY BLEACH DAN OBA
SETAU SAYA CHLORINE UNTUK MEMUTIHKAN PAKAIAN PUTIH SAJA DAN PROSESNYA TIDAK PERLU MEMAKAI AIR PANAS. CHLORINE TIDAK BISA DIPAKAI UNTUK PAKAIAN WARNA KARENA BISA MENYEBABKAN LUNTUR.– Semua sifat dasar kimia akan lebih efektif menggunakan air panas, dan pemakaian chlorine harusnya diimbangi dengan pembilasan menggunakan ANTI CHLOR atau setidaknya Sour, karena jika tidak dan air yang digunakan mengandung kadar besi, mangan, dll bukannya tambah kuning malahan akan menyebabkan bercar warna kuning. Merk Bayclin merupakan produk pemutih dengan kadar rendah, Chorine Bleach produk kami bubuk dan kadar pemutihnya murni.
OXY BLEACH UNTUK MEMUTIHKAN PAKAIAN PUTIH APABILA TIDAK MENGGUNAKAN AIR PANAS.
APABILA MENGGUNAKAN AIR PANAS, OXY BLEACH JUGA BISA MENCERAHKAN PAKAIAN BERWARNA SEPERTI OBA DAN BISA MENGHILANGKAN NODA LUNTUR PADA PAKAIAN.Betul OXY BLEACH singkatan dari Oxygen Bleaching artinya penggunaan jenis kimia laundry ini bekerja layaknya oxygen, yang fungsi utamanya sebagai penghilang noda darah, dan pemutih untuk pakaian berwarna, fungsinya “mengikis” serat/serabut/rambut kain sehingga kelunturan ataupun pakaian yang sudah kusam akan kembali cerah, yang putih kembali menjadi lebih putih. Oxy Bleach ini juga bekerja maximum pada suhu tinggi. Bisa digunakan tanpa suhu tinggi, hanya jika anda ingin memaximumkan semua kimia laundry adalah dengan air panas.
OBA BERFUNGSI MENCERAHKAN PAKAIAN PUTIH DAN WARNA, BIASANYA KAMI MENCAMPUR SEDIKIT PADA KOTAK DETERJEN MESIN CUCI UNTUK SETIAP KALI PROSES PENCUCIAN.OBA singkatan dari Optical Brightener Agent, berbeda cara kerja pencerahan warna pada pakaiannya dengan OXY BLEACH, Oxy Bleach seperti gunting/silet yang mengikis serat kain yang pecah, sedangkan OBA bersifat “colouring”/mewarnai dengan sifat warna “Glowing”/Menyala, kalau anda perhatikan di dalam air sisa rendaman OBA akan seperti warna Glow in The dark Product.
2. PERTANYAAN BPK AGUS JAKARTA
APA ITU LAUNDRY dan DRY CLEANING?
Laundry: bahan utama pencucinya adalah air
Dry Clean: bahan utama air diganti dengan PCE/Percindo
APA ITU SOLVENT PERCINDO?
Solvent artinya bahan pelarut,Yang masuk dalam kategori solvent ada banyak: bukan hanya PCE dan Percindo, tetai minyak tanah, bensin, solar, methanol, ethanol, dll
Banyak yg salah pengertian ttg chemicals utama dalam dry clean itu adalah solvent. Padahal tidak semua solvent lazim/layak digunakan dalam proses dryclean. Chemicals dryclean yg umumnya dipakai dalam industri dry clean adalah PCE/TCE (Tetrachloroetylene)
Lalu apakah Percindo?
Percindo merupakan kimia dry clean produksi lokal,  berbeda dengan PCE yg harus import. Kualitas Percindo tidak kalah bagus dengan PCE jika cara dryclean yg digunakan adalah teknik manual, Secara harga Percindo jauh lebih murah dan stabil dibanding PCE yang menggunakan US dollar, PCE juga hitungannya kg, percindo liter,Jadi  PCE lebih sedikit.
Ada salah satu laundry besar di kawasan gunung putri yg menerima cucian hotel, memiliki mesin dry clean pernah mencoba Percindo dalam mesinnya  dan hingga sekarang masih berlangganan. saya hanya bisa mengambil kesimpulan bahwa Percindo dapat sebagai bahan pengganti alternatif dari PCE kalau nanti dollar naik sampai 15 ribu ya 😀 Dan PCE (chloro) itu sifatnya menguap, Dibuka sebentar aja menguap.
3. PERTANYAAN IBU ASTRI MAKASSAR
Mohon info saya punya stock oxyboost 20L,  udah bebrp bulan ga pernah dipake. Kdg sy bingung buat apa, kadang noda pakai emulsi+alkali+sour+pemutih udah bisa hilang. Oxyboost fungsinya lbh kmn ya? Tolong bantu. Tks. Oiya 1 lg apa sebabnya baju yg kt cuci bukannya bersih malah kusam/kumel? Apa kbykan deterjen?
Oxyboost singkatan dari oxygen booster
Oxyboost :sebagai zat aditif (tambahan) dalam mencuci,
 juga berfungsi sebagai pemutih cair yang lebih aman dibanding pemutih dgn bahan dasar chlorine yang khusus untuk pakaian berwarna dasar putih.Oxyboost: merupakan pemutih cair yang dapat digunakan sebagai pemutih untuk pakaian yg berwarna dasar bukan hanya putih 
Oxyboost sebagai penghilang noda
 sangat ampuh untuk noda-noda darah,  yang pada umumnya digunakan di Rumah sakit jaman sekarang  karena lebih aman (mengandung oxygen/bukan chlorine)
Oxyboost: juga dapat berfungsi sebagai bahan pencerah warna
 karena sifat oxygennya yang mengikis serat kain yang pecah (seperti rambut pecah) akan dikikis oleh sifat oxygen yang terkandung dalam oxyboost
Kalau hasil cucian kusam dapat disebabkan oleh beberapa hal:
1. Air yang digunakan mengandung zat kimia (kapur,besi, tembaga dan zat logam lainnya).
2. Proses pembilasan kurang dan tidak menggunakan sour sebagai netralisir ph. dan sisa kimia alkali pada deterjen atau additif lainnya masih menempel
3. Mesin cuci kurang perawatan;  dikarenakan baju terlalu kotor atau bahan kain mudah terkikis  sisa sisa kikisan kain dari pencucian sebelumnya tidak terbuang  akibatnya akan selalu menempel pada cucian yang selanjutnya
4. dll

Halaman ini akan kami update secara bersambung, tetap kunjungi website kami www.deterjenindonesia.com

atau Kunjungi Kolom Tanya Jawab Laundry di http://www.laundry.co.id/answers/

Share

5 thoughts on “KLINIK LAUNDRY

  1. Dalam dunia Laundry banyak sekali terdapat chemical atau kimia laundry yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda, jujur saking banyaknya bahan kimia yang ditawarkan dari penjual kimia laundry begitu juga dari DETINDO yang saya lihat pada price list nya, sangat banyak terdapat kimia laundry. Yang ingin saya tanyakan, apakah DETINDO memiliki satu jenis chemical (kimia) laundry yang bisa saya gunakan untuk semua jenis cucian saya? maksud saya, jenis chemical “All in One”, dia befungsi mengilangkan noda berat/ringan, pencerah warna, pelembut, pengharum (membuat pakaian tidak bau apek setelah pengeringan), jadi saya tidak bingung harus membeli chemical apa untuk laundry saya, mohon penjelasannya…

  2. Untuk penghilang noda kita memiliki general spotter dan 3in1 yang dapat digunakn secara umum. Tetapi terkadang beda jenis noda beda penanganan. Karena sumber noda banyak type nya. Alangkah baiknya menggunakan special treatment (menggunakan kimia sesuai dengan nodanya) . Di dalam proses laundry professional ada beberapa tahap, washing, rinsing, dll di setiap tahap ada kimia yang digunakannya. Jadi tidak satu proses seperti laundry rumahan. Untuk laundry perumahan pun minimal menggunakan dua jenis yaitu deterjen dan parfum laundry untuk hasil maximal. Bagi pelanggan Detindo, silahkan konsultasi lebih lanjut dengan bagian technical kami via Whatsapp: 08123 922 6789 (No Call) atau email: deterjenindonesia@yahoo.com

  3. Ada banyak cara, tetapi kekusaman warna bisa menggunakan oxyboost dan OBA (Optical Brightener Agent) tetapi cara penggunaannya dan prosesnya tergantung kasus per kasus, bonekanya dari bahan apa, warnanya apa, dll . Untuk pelanggan Detindo silahkan konsultasi teknikal di Whatsapp: 08 123 922 6789 (no Call) atau email ke : deterjenindonesia@yahoo.com

Leave a Comment